Jumat, 30 November 2012

Neuro Linguistic Programming (NLP) untuk Dunia Usaha


Neuro Linguistic Programming (NLP) kami artikan sebagai "Methodology Of Change, Attitude Of Excellent and Technology Of Achievement" yang ciptakan oleh Richard Bandler (psychologist), John Grinder (linguist) dan Gregory Bateson (anthropologist) pada tahun 1970an.

Pada tahap awal penemuannya Bandler tergelitik oleh sebuah pertanyaan, "Apa diinginkan oleh setiap orang dalam hidupnya?". Ternyata jawabannya beragam. Ada yang ingin keluarganya lebih harmonis, ada yang ingin karirnya meningkat, ada yang ingin usahanya lebih maju, dan sebagainya. Dari setiap jawaban tersebut semuanya bermuara pada satu kata "CHANGE" (perubahan). Pada hakikatnya setiap orang menginginkan perubahan untuk menjadi lebih baik.

Pertanyaan berikutnya adalah “Mengapa ada yang sukses dan ada yang tidak sukses dalam perubahan? “. Kemudian Bandler menemukan ada pola-pola tertentu yang berulang-ulang pada orang-orang sukses. Selanjutnya ia bertanya, “Apakah pola itu atau kesuksesan itu bisa dibentuk suatu model?”. Kemudian ia melakukan studi. Ia memodel orang-orang seperti Milton Ericson, Virginia Satir dan Fritz Perls. Luar biasa hasilnya.

Pada kenyataannya NLP yang telah disusun oleh Richard Bandler dan John Grinder begitu luar biasa bagi pemberdayaan potensi bagi individu maupun lingkungan. Metodologi, sikap dan perilaku serta tehnik-tehnik NLP begitu aplikatif untuk diterapkan di mana saja di bagian hidup kita, termasuk di wilayah usaha. Dan inilah saatnya bagi Anda juga untuk melakukan pembuktian kehebatan NLP dalam melakukan lompatan besar pada usaha Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar