Minggu, 25 November 2012

Jurus Menulis Buku Super Kilat Ala Trainer by Sofie Beatrix

oleh Sofie BeatrixBeberapa minggu lalu saya ditodong bos pemilik website ini (pak Jamil) untuk menuliskan tips atau kiat praktis cepat kilat bagi para trainer khususnya alumnus Trainer Laris baik yang kelas Wanna Be Trainer maupun Trainer Bootcamp and  Contest. Maka Saya menuliskan ini untuk anda semua.
Alasannya seorang TRAINER HARUS PUNYA BUKU sebenarnya sederhana, karena seorang trainer sudah punya MATERI TRAINING sehingga sebenarnya dengan MUDAH MENULIS apa yang menjadi materinya. Alasan lainnya adalah, dengan menulis buku, seorang trainer akan lebih mudah MENGECEK ulang SISTEMATIKA materi yang sudah dibuatnya. Karena banyak yang saya temukan saat konsultasi buat buku, para trainer ini ternyata sistematika materi trainingnya masih AMBURADUL dan TIDAK DALAM.
Alasan lainnya, dengan buku, KREDIBITAS seorang trainer lebih dipercaya, apalagi bila diterbitkan oleh penerbit berkelas dan tersebar disemua toko buku Nasional. Bisa dikatakan, buku ini adalah sertifikat atau ijazah trainer tersebut mendapatkan pengakuan secara formal dibidangnya.
Oke, sudah siapkah Anda mengetahui apa yang saya mau berikan tips secepat kilat TRAINER MENULIS BUKU?Yuk simak :
1. Tentukan tema materi training yang ingin Anda jadikan buku
2. Siapkan slide materi yang biasa Anda gunakan untuk tampil
3. Siapkan tape recorder untuk merekam apa yang Anda sampaikan didepan slide seolah Anda berbicara dengan audiens, sampaikan semua tanpa ada yang Anda kurangi.
4. Hasil rekaman diberikan pada scripst writter untuk ditulis tanpa diedit sama sekali
5. Editlah hasil tulisan script writter dengan bahasa yang empuk dan renyah. Cek apakah sudah sistematis.
6. Tambahkan ulasan dari berbagai sumber bila Anda rasa kurang
7. Edit lagi, serahkan pada saya.
Diatas ini adalah cara pertama.
Cara kedua :
1. Tentukan tema materi training yang ingin Anda jadikan buku
2. Tulis di blog Trainer Laris ini sub sub materi yang mau Anda cicil sebagai buku dari tema yang Anda tentukan diatas
3. Mention kepada saya setiap habis menulis untuk saya cek dan beri komentar (jangan sakit hati ya)
4. Cicilan itu nanti bisa disatukan dalam satu buku pada saatnya.
Oke, demikian tips superkilat menulias ala trainer yang bisa saya bagian. Saya mau pamit dulu, diajak bos makan.
Semoga bermanfaat dan segera diaplikasikan.
Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar