Sabtu, 03 November 2012

DEFINISI TELEMATIKA DAN PERKEMBANGANNYA

DEFINISI TELEMATIKA

Pertamakali kita dengar istilah telematika, biasanya orang awam beranggapan kata ini berasal dari Tele (Jauh) dan Matematika (Matematis), jadi jika kita kita bertanya kepada orang awam tentang pengertian telematika kadang kita akan mendapatkan hasil Matematika yang dioperasikan dari jarak jauh. Aneh bukan..
Ada juga yang beranggapan bahwa telematika identik dengan dunia internet di Indonesia. Sebenarnya Telematika merupakan adopsi dari bahasa Perancis. Di Perancis disebut TELEMATIQUE yang dapat diartikan sebagai pertemuan sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Dari bahasa Inggris ada juga TELEMATICS yang merupakan perpaduan dari dua kata TELECOMUNICATION and INFORMATICS yang merupakan perpaduan konsep COMPUTING and COMUNICATION. Istilah telematika juga dikenal dengan The New Hybrid Technology karena didapat dari perpaduan pengembangan teknologi digital.

Lain lagi dengan wikipedia, di wikipedia disebutkan Telematika adalah perpaduan antara Telekomunikasi dan Informatika, tanpa membubuhkan kata Multimedia didalamnya, namun menurut Dr.Moedjiono (Depkominfo tahun 2005-2009) Telematika adalah suatu perpaduan dari :
Tele = "Telekomunikasi"
ma = "Multimedia" dan
tika = "Informatika"

Dalam situs telematika.web.id juga disebutkan bahwa Telematika adalah kepanjangan dari Telekomunikasi dan Informatika tanpa kata Multimedia didalamnya.

Perbedaan antara Bidang Ilmu juga perlu kita perhatikan. Dalam perkembangannya istilah Media dalam Telematika berkembang menjadi Multimedia, sedikit membingungkan memang, karena istilah multimedia pada awalnya merujuk hanya pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium/perantara.
Definisi telematika sendiri amat tergantung dari ruang lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

Secara umum, istilah telematika juga dipakai untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology), teknologi seperti ini sudah banyak dijumpai pada sebagian besar SmartPhone keluaran baru baik yang bersistem operasi terbuka ataupun tertutup (sistem operasi spesifik pabrikan)

Sampai saat ini belum jelas benar mana makna sesungguhnya telematika antara "Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika" ataukah "Telekomunikasi dan Informatika" saja. Dalam situs http://depkominfo.go.id pun tidak ditemukan makna dari kata telematika itu sendiri.
Pada pergantian istilah - istilah luar menjadi istilah berbahasa Indonesia beberapa tahun lalu, disebutkan bahwa kata IT (Information Technology) telah diganti menjadi Telematika, saya sendiri masih lebih senang menggunakan istilah IT daripada Telematika yang bila diartikan tidak jauh berbeda.

Sedangkan pengaplikasian telematika sendiri sudah banyak terdapat di Indonesia, misalkan:

1. E-goverment
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia sendiri hampir semua provinsinya memiliki E-goverment, E-govement sendiri biasanya berisi informasi - informasi yang terdapat pada daerah dimana E-govement itu dibuat, misalkan diwilayah jawa timur, situs ini berisi informasi tentang jawa timur, misalkan daftar sekolah yang ada di jawa timur, jumlah produksi panen, berita - berita yang terjadi diseputar jawa timur. E-goverment membatasi ruang lingkup hanya pada wilayahnya saja.

2. E-commerce
Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Pada dasarnya E-commerce sama seperti perdagangan pada umumnya hanya pada e-commerce murni pedagang dan pembeli sama sekali tidak bertatap muka langsung. Semua transaksi mulai dari pengiklanan, membuat kontrak jual beli, transfer uang, transfer barang/dokumen/file yang akan dibeli, sampai membuat kalim dilakukan secara online (via web atau email).

3. E-learning
Saat ini belajar sudah tidak harus melalui tatap muka langsung dengan pengajar dikelas, belajar juga dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh atau e-learning, pembelajaran jarak jauh ini bisa dilakukan dengan adanya teknologi telematika (IT). Pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.

Telematika juga mempunyai berbagai macam bentuk yang lain misalnya e-medicine, e-laboratory, e-technology, e-research, e-lab dan ribuan situs yang memberikan informasi sesuai bidangnya.

Sumber :        

wikipedia
telematika.web.id
asal telematika




Perkembangan Telematika

Meskipun saat ini perkembangan telematika di Indonesia dari segi kebijakan, regulasi, infrastruktur, sumber daya manusia, maupun aplikasi sudah beberapa langkah maju, akan tetapi dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, Thailand, apalagi Singapura, kita relative tertinggal jauh.

Selama perkembangannya, Telematika mengalami tiga periode :
1. Periode rintisan
Pada tahun 1970 perkembangan telematika di Indonesia sangat terbatas karena perhatian yang minim dari pemerintah dan pasokan listrik yang terbatas pada saat itu. Sehingga Indonesia tidak perduli dengan perkembangan telematika.
Memasuki tahun 1980-an, perubahan secara signifikanpun jauh dari harapan. Walaupun demikian, selama satu dasawarsa, learn to use teknologi informasi, telekomunikasi, multimedia, mulai dilakukan. Jaringan telpon, saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan internasional, dan komputer mulai dikenal di Indonesia, walaupun penggunanya masih terbatas. Kemampuan ini dilatarbelakangi oleh kepemilikan satelit dan perekonomian yang meningkat dengan diberikannya penghargaan tentang swasembada pangan dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) kepada Indonesia pada tahun 1984.
Setahun sebelumnya di Amerika Serrikat, tepatnya tanggal 1 Januari 1983, internet diluncurkan. Sejak ARPAnet (Advance Research Project Agency) dan NSFnet (National Science Foundation) digabungkan, pertumbuhan jaringan semakin banyak, dan pada pertengahan tahun, masyarakat mulai memandangnya sebagai internet
Menjelang akhir tahun 1980-an, tercatat beberapa komunitas BBS, seperti Aditya (Ron Prayitno), BEMONET (BErita MOdem NETwork), JCS (Jakarta Computer Society — Jim Filgo), dan lain-lain. Konon, BEMONET cukup populer dan bermanfaat sebagai penghilang stress dengan milis seperti “JUNK/Batavia“. Di kalangan akademis, pernah ada UNInet dan Cossy. UNINET merupakan sebuah jaringan berbasis UUCP yang konon pernah menghubungkan Dikti, ITS, ITB, UI, UGM, UnHas, dan UT. Cossy pernah dioperasikan dengan menggunakan X.25 dengan pihak dari Kanada. Milis yang kemudian muncul menjelang akhir tahun 1980-an ialah the Indonesian Development Studiesi (IDS) (Syracuse, 1988); UKIndonesian (UK, 1989); INDOZNET (Australia, 1989); ISNET (1989); JANUS (Indonesians@janus.berkeley.edu), yang saking besarnya sampai punya beberapa geographical relayers; serta tentunya milis kontroversial seperti APAKABAR

2. Periode pengenalan dan pengembangannya
Teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mulai mengenalnya. Jaringan radio amatir pada awal tahun 1990 mulai ramai. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980, terus berkembang seiring dengan berkembangnya telematika di Indonesia.
nternet masuk ke Indonesia pada tahun 1994, dan milis adalah salah satu bagian dari sebuah web. Penggunanya tidak terbatas pada kalangan akademisi, akan tetapi sampai ke meja kantor. ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan dalam tahun yang sama, beroperasi ISP komersil pertama, yaitu INDOnet
telematika pada masa ini juga ditandai hadirnya televise swasta nasional, seperti RCTI (Rajawali Citra Televisi) dan SCTV (Surya Citra Televisi) pada tahun 1995-1996.

3. Periode aplikasi dimulai
merupakan munculnya era dunia digital untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas untuk mulai dilaksanakan dan diaplikasikan. Semua itu dapat berlangsung lancar, dengan tersedianya sarana transportasi, kota-kota yang saling terhubung, dan industri telematika dalam negeri yang terus berkembang.
Selanjutnya, teknologi mobile phone begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hamper seluruh lapisan masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih. Muatannya antara 1 Gigabyte, dapat berkoneksi dengan internet juga stasiun televise, dan teleconference melalui 3G. Teknologi computer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access point. Bahkan, pada café dan kampus tertentu, internet dapat diakses dengan mudah, dan gratis.

Terkait dengan hal tersebut, Depkominfo mencatat bahwa

sepanjang tahun 2007 yang lalu, Indonesia telah mengalami pertumbuhan 48% persen terutama di sektor sellular yang mencapai 51% dan FWA yang mencapai 78% dari tahun sebelumnya. Selain itu, dilaporkan tingkat kepemilikan komputer pada masyarakat juga mengalami pertumbuhan sangat signifikan, mencapai 38.5 persen. Sedangkan angka pengguna Internet mencapai jumlah 2 juta pemakai atau naik sebesar 23 persen dibanding tahun 2006. Tahun 2008 ini diharapkan bisa mencapai angka pengguna 2,5 juta

Saat ini telematika dipakai hampir di semua bidang kehidupan, misalnya saja di dalam mobil yang bisa memantau keadaan rumah, dipasangkannya GPS hampir disetiap kendaraan, serta harga perangkat GPS yang sudah relatif terjangkau, diadakannya home centered appliance, dan lain lain.


Sumber:
Inpres Nomor 6 tahun 2001
Beritanet Perkembangan Internet
Beritanet Seluk Beluk Internet
Beritanet Perkembangan ICT Indonesia telematika.web.id
asal telematika





HARAPAN SAYA DENGAN ADANYA TELEMATIKA DIINDONESIA

Saya berharap dengan adanya telematika di Indonesia, Indonesia bisa menjadi Negara maju yang modern dengan teknologi telematika ini. Dan saya berharap diadakannya undang-undang yang melindungi pengguna atas telematika indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar