Minggu, 30 September 2012

Pengertian komunikasi massa

Pers merupakan media massa yang berfungsi menyalurkan dan memperlancar sampainya pesan komunikasi kepada masyarakat. Memperlancar dalam arti mempermudah pemahaman masyarakat. Pers berfungsi sebagai pesan komunikasi yang mau dan mampu menerjemahkan pesan komunikasi yang di mahsud komunikator ke dalam pesan komunikasi yang bisa di pahami masyarakat.
        Penerapan pers dalam kehidupan masyarakat membawa fungsi informative dan interpretative mengenai peristiwa – peristiwa yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Teradapat kecenderungan utama yang pada akhirnya mengarah kepada komunikasi massa, berikut ketiga kecenderungan tersebut.
1.       Industrialisasi
2.       Urbanisasi
3.       moderenisasi
        komunikasi massa, secara luas dapat diartikan berkomunikasi atau penyebaran pesan dengan menggunakan media yang di tujukan kepada masssa baik itu melalui media cetak maupun elektroni.
Beberapa pengertian komunikasi masssa menurut para akar :
a.       meurut Bitter, komunikasi massa adalah pesan yang di komunikasiakn melalui media masa pada sejumlah besar orang
b.      menurut George Gerbner komunikasi massa adalah produk missal berdasarkan tekhnologi dan institusi, serta pendistribusianya secara meluas yang secara terus menerus menyajikan berita-berita public dalam masayarakat industry
c.       menurut Maletzke komunikasi massa adalah setiap bentuk komunikasi massa yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada public yang tersebar.

      Berdasarkan definisi – definisi tersebut maka, komunikasi masssa dapat di artikan sebagai jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah masyarakat yang tersebar, heterogen, dan anonym melalui media cetak atau elektronika sehingga pesan yang sama dapat di terima secara serentak dan sesaat,
      Komunikasi massa bersifat komunikasi satu arah ( one way traffic ), sehingga dampak dari komunikasi demikian tidak jarang menimbulkan distorsi komunikasi ( miskomunikasi )
      Katz dan Lazarsfield mengungkapkan bahwa komunikasi massa termasuk komunikasi interpersonal yang di dalamnya terdapat arus komunikasi dua tahap. Arus komunikasi dua arah mahsudnya bahwa sebagian besar orang, dalam membentuk pendapat mereka dan dalam membuat keputusan terhadap pilihan – pilihan tidak secara dipengaruhi oleh media massa
( seperti yang di perkirakan ). Akan tetapi, orang – orang agaknya membentuk pendapat mereka sesuai dengan pemimpin pendapat ( opinion leader ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar