Minggu, 30 September 2012

Konstruksi Bagian Berita

Dalam memahami penulisan berita dan pembuatan berita di surat kabar, perlu mengenal
bagian – bagian yang membentuk sebuah berita, berikut bagian – bagian tersebut
a.       Judul berita ( headline )
        Judul berita ( headline news ) adalah intisari dari berita dan merupakan nama dari suatu berita yang di harapkan bisa membantu pembaca yang sibuk dan terbatas waktunya. Berdasarkan kepentingan berita, headling dikelompokkan kedalam empat macam, yaitu :
1.       Banner headline,  untuk berita yang sangat penting atau terpenting. Dibuat dengan jenis dan ukuran huruf yang mencerminkan sifat gagah dan kuat, hurufnya terbesar dan lebih Tebal dibandingkan jenis headline lainya.
2.       Separd headline,  untuk berita penting. Headline jenis ini Nampak lebih kecil di bandingkan banner headline, tetapi lebih besar dari secondary headline
3.       Secondary headline, untuk berita yang kurang penting. Headline jenis ini Nampak lebih kecil dari speard headline, tetapi lebih besar dari subordinat headline.
4.       Subordinat headline, untuk berita yang di anggap tidak penting. Kehadiranya kadang – kadang di butuhkan untuk menutupi tempat kosong pada halaman yang bersangkutan  .
b.      Tempat Terjadinya Berita
        Biasanya tempat terjadinya berita selalu di ikuti oleh tanggal dan kejadian
c.       Teras Berita / Pokok Berita ( lead/intro )
        Teras berita adalah ringkasan dari seluruh berita yang disajikan, sehingga harus bisa memunculkan bagian – bagian berita yang terpenting serta memuat secara lengkap semua unsure berita. Jenis teras berita atau pokok berita terdiri dari berikut ini.
1.       Pokok berita rangkuman ( summary lead ) yaitu pokok berita yang meringkas atau merangkum seluruh tulisan
2.       Pokok berita ceritaan ( narrative lead ) yaitu pokok berita yang menceritakan keadaan yang mampu membawa pembaca seolah – olah menjadi pelaku kejadian
3.       Pokok berita kutipan ( quotation laed ) yaitu pokok berita yang mengutip ucapan seseorang tokoh.
4.       Pokok berita pertanyaan ( question lead ), yaitu pokok berita yang mengajukan pertanyaan tentang keadaan pembaca.
5.       Pokok berita teka- teki ( teaser lead ), yaitu pokok berita yang menyampaikan teka – teki yang mengusik.
d.      Tubuh Berita ( Body )
        Sesungguhnya, tubuh berita merupakan kelanjutan dari teras berita dan diuraikan secara terperinci di tubuh berita. Terdapat lima pegangan dalam penulisan tubuh berita, yaitu sebagai berikut.

Laporan berita yang bersifat menyeluruh
1.       Ketertiban dan keteraturan dalam penetapan penulisan
2.       Tepat dalam menggunakan bahasa dan tata bahasa, menurut Rosihin padat, sederhana, lancar, jelas, dan lugas, serta menarik.
3.       Ekonomis dalam pemakaian kata.
4.       Penulisan harus hidup, punya arti dan warna, serta berbentuk berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar