Bagi institusi pendidikan seperti Universitas, Lembaga Pendidikan, Lembaga Kursus dll. Seminar
merupakan hal yang sangat sering terjadi, jadi ga ada salahnya khan
kalau kita sedikit tau apa aja sih yang perlu diperhatikan untuk
menyelenggarakan Seminar agar berhasil.
Hal penting yang perlu diperhatikan:
- Tema Seminar
- Materi
- Pembicara
- Panitia
- Target Peserta
- Fasilitas Peserta (Konsumsi, ATK, Sertifikat, CD, Sponsor)
- Strategi Promosi
Tema Seminar
Misalkan tema seminar yang akan diangkat adalah ” Meningkatkan Potensi UKM” ubahlah nama tema ini sehingga bersifat persuasif misalnya menjadi ” Cara Jitu menjadi UKM Sukses” sehingga dapat menarik peserta untuk berpartisipasi.
Materi Seminar
Materi
seminar yang ada harus mengena dan sesuai dengan tema serta judul
materi yang sudah ditetapkan. Sehingga tidak ada peserta yang kecewa
karena seminar yang terselenggara tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Dalam
hal ini perlu ada komunikasi yang baik antara penyelenggara dan
pembicara seminar. Terkadang pembicara menyampaikan informasi yang
menyimpang dari konteks dan menyiapkan materi yang tidak sesuai dengan
kapasitas waktu yang diberikan.
Pembicara & Moderator
Pembicara
seminar merupakan faktor yang sangat penting karena merupakan ujung
tombak keberhasilan seminar, penarik minat peserta, penentu kualitas seminar juga dapat terlihat dari pembicaranya.
Pilihlah
pembicara yang memiliki wawasan sesuai dengan tema yang diangkat,
pembicara yang populer merupakan suatu keuntungan dan dapat meningkatkan
nilai jual seminar.
Jika
seminar berbentuk diskusi panel juga diperlukan Moderator untuk
memimpin sesi diskusi.. Pilihlah moderator yang juga memiliki wawasan
sesuai dengan tema seminar dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik
sehingga sesi yang dibawakan menjadi lebih hidup.
Panitia
Panitia
merupakan ujung tombak kedua setelah pembicara, karena panitia sangat
memiliki andil dalam mencapai keberhasilan seminar. Panitia yang dapat
bekerja sama, serta memiliki kemampuan dan spesialisasi di masing-masing
tugas dalam penyelenggaraan seminar.
Panitia ini dibagi ke beberapa bagian:
1. Acara
Mengurusi jadwal acara, hubungan dengan pembicara, materi pembicara,contact person, keuangan, tempat, hiburan.
Pendaftaran
peserta sebaiknya diakui setelah peserta membayar biaya pendaftaran dan
melakukan konfirmasi. Hal tersebut untuk menghindari pembatalan oleh
peserta di hari H. Selain itu seksi acara harus mempertimbangkan
penambahan jumlah peserta yang langsung datang di hari H.
Hiburan yang disiapkan dapat berbentuk kuis dengan hadiah menarik atau ice breaking pada saat selang waktu menunggu sesi selanjutnya.
2. Marketing
Penentu strategi pemasaran, leaflet/ pamflet serta penyebarannya, spanduk, baliho, media visual, sponsorship.
3. Konsumsi & ATK
Konsumsi merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu peserta, sebisa mungkin sesuai dengan biaya yang dibayarkan.
ATK yang biasanya ada pada seminar antara lain Tas seminar, alat tulis, block note, map dan materi, CD materi, kartu tanda peserta, sertifikat.
4. Dokumentasi
Pengambilan foto dan video, desain untuk penunjang seminar.
5. Panitia Pendukung
Mengerjakan hal-hal diluar pembagian tugas diatas yang umumnya disebut seksi sibuk hehehe
Target Peserta
Dalam menyelenggarakan seminar, sangat penting untuk mengidentifikasikan target peserta.
Dalam
contoh kasus diatas peserta yang mungkin tertarik adalah pelaku UKM,
Bank sebagai penyedia kredit, jurnalis, mahasiswa, calon-calon
enterpreneur.
Melihat
potensi pasar yang ada menggambarkan banyak segmen yang masuk dalam
target peserta. Hal ini dapat membantu bagian Marketing dalam menyusun
strategi, sehingga strategi pemasaran yang dibuat menjadi efektif
Fasilitas Peserta
Konsumsi,
ATK yang disebutkan diatas, door prize (bisa berupa voucher mengikuti
seminar selanjutnya, hadiah menarik, dll), CD dokumentasi acara.
Strategi Promosi
Strategi promosi dapat berbeda-beda tergantung dengan potensi peserta yang diidentifikasikan di awal tadi.
Untuk seminar ” Cara Jitu menjadi UKM Sukses” mengingat
potensi peserta sangat luas dan melingkupi berbagai segmen. Strategi
marketing yang dapat diterapkan antara lain pemasangan pamflet di
daerah2 strategis yang banyak dikunjungi orang, spanduk di daerah
bisnis, iklan di majalah-majalah yang mewakili tema, media visual jika
memungkinkan.
Dapat
juga bersinergi dengan para stakeholder UKM untuk berperan sebagai
sponsor, sehingga dapat menimbulkan siimbiosis mutualisme antara masing
-masing pihak juga peserta seminar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar