Penerapan pers dalam kehidupan masyarakat membawa fungsi informative
dan interpretative mengenai peristiwa – peristiwa yang terjadi dalam
kehidupan masyarakat. Teradapat kecenderungan utama yang pada akhirnya
mengarah kepada komunikasi massa, berikut ketiga kecenderungan tersebut.
1. Industrialisasi
2. Urbanisasi
3. moderenisasi
komunikasi massa, secara luas dapat diartikan berkomunikasi atau
penyebaran pesan dengan menggunakan media yang di tujukan kepada masssa
baik itu melalui media cetak maupun elektroni.
Beberapa pengertian komunikasi masssa menurut para akar :
a. meurut Bitter, komunikasi massa adalah pesan yang di komunikasiakn melalui media masa pada sejumlah besar orang
b. menurut
George Gerbner komunikasi massa adalah produk missal berdasarkan
tekhnologi dan institusi, serta pendistribusianya secara meluas yang
secara terus menerus menyajikan berita-berita public dalam masayarakat
industry
c. menurut
Maletzke komunikasi massa adalah setiap bentuk komunikasi massa yang
menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis
secara tidak langsung dan satu arah pada public yang tersebar.
Berdasarkan definisi – definisi tersebut maka, komunikasi masssa dapat
di artikan sebagai jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah
masyarakat yang tersebar, heterogen, dan anonym melalui media cetak atau
elektronika sehingga pesan yang sama dapat di terima secara serentak
dan sesaat,
Komunikasi massa bersifat komunikasi satu arah ( one way traffic ),
sehingga dampak dari komunikasi demikian tidak jarang menimbulkan
distorsi komunikasi ( miskomunikasi )
Katz dan Lazarsfield mengungkapkan
bahwa komunikasi massa termasuk komunikasi interpersonal yang di
dalamnya terdapat arus komunikasi dua tahap. Arus komunikasi dua arah
mahsudnya bahwa sebagian besar orang, dalam membentuk pendapat mereka
dan dalam membuat keputusan terhadap pilihan – pilihan tidak secara
dipengaruhi oleh media massa
(
seperti yang di perkirakan ). Akan tetapi, orang – orang agaknya
membentuk pendapat mereka sesuai dengan pemimpin pendapat ( opinion
leader ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar