Minggu, 30 September 2012

Ciri – Ciri komunikasi massa

Cirri – cirri komunikasi masa menurut Denis Mc Quail dalam karyanya yang berjudul towards a sosiology of mass communication, yaitu sebagai berikut
a.       Komunikasi massa biasanya membutuhkan organisasi formal yang kompleks operasi nya
b.      Media massa mengarah ke audiensi dalam jumlah besar
c.       Komunikasi massa bersifat publik
d.       Audiensi komunikasi massa dalam susunanya bersifat heterogen
e.      Media massa dapat menciptakan kontak secara serentak dengan banyak orang, jauh dari sumber, dan terpisah jauh satu sama lain
f.         Dalam komunikasi massa, hubungan antara komunikator dan audiensi tertuju pada pribadi – pribadi yang dikenal hanya melalui peran publik mereka sebagai komunikator
g.       Audiensi komunikasi massa adalah unik secara kolektif dengan beberapa cirri khas
h.      Pada dasarnya, komunikasi media massa bersifat monolog, partisipasi  audiensi dalam proses komunikasi bersifat sangat terbatas, untuk pers media cetak, reaksi hanya mungkin dibuat paling cepat pada edisi berikutnya, sedangkan media radio dan TV terbatas pada pengguna telepon

=> Efek atau Dampak Komunikasi Massa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar