Jumat, 11 Oktober 2013

cara ajaib meringkas presentasi anda


Alhamdulillah,akhirnya saya bisa menulis artikel ini,seputar tentang Bagaimana cara meringkas presentasi yang mengena...???!?Dan meningkatkan kesempatan kita untuk selalu diingat!Lalu,mengapa kita perlu meringkas presentasi kita dengan ringkasan ini?

Kita perlu meringkas presentasi yang kita sajikan guna meningkatkan kesempatan agar presentasi kita selalu diingat oleh prospek.Itu,karena jarang sekali terjadi prospek kita hanya bertemu dengan satu pemasok.Mereka biasanya bertemu dengan beberapa pemasok sebelum mengambil keputusan.Dan karena kita tidak tahu apakah kita yang terakhir,yang berarti presentasi kita punya kesempatan lebih baik diingat.Maka,alangkah baiknya kita mengakhiri presentasi kita dengan sebuah ringkasan.
Berikut ini beberapa aturan singkat untuk membantu kita merencanakan ringkasan yang dapat meningkatkan kesempatan agar presentasi yang kita sajikan selalu diingat,Yaitu : R.U.L.E.S

Cerita Cinta-Salam Berbuah Cinta


Penulis : Bayu Gawtama
(Sumber: http://www.eramuslim.com, milis myquran)
  
  
Diro, sebut saja begitu nama lelaki bujangan asli Jawa ini. Diro dikenal sebagai lelaki yang sopan, hanif, dan punya ciri khas, yakni senang mengucapkan salam “Assalaamu’alaikum” kepada siapa pun -muslim- yang dijumpainya di manapun.
Suatu ketika, Diro ditugaspindahkan ke kota X, untuk jangka waktu dua tahun. Setibanya di kota X itu, lelaki bujangan ini langsung mencari tempat kos/kontrakan yang tidak jauh dari tempatnya bekerja. Setelah tiga hari di kota tersebut, Diro baru menyadari bahwa ada gadis cantik dan shalihah yang tinggal hanya beberapa meter dari kos-nya. Seperti biasa, tanpa maksud buruk, tanpa niat menggoda, Diro pun mengucapkan salam kepada gadis itu, saat keduanya bersama-sama menunggu bis di tepi jalan.
Sekali lagi, Diro tidak punya niat apapun ketika mengucapkan salam. “Dia berjilbab, jadi sudah pasti muslim, maka saya ucapkan salam kepadanya. Lagi pula gadis itu tetangga saya, kan wajar sama tetangga saling menyapa, ” alasannya.
Ucapan salam Diro dibalas delikkan mata tidak suka dari gadis tetangganya itu. Namun Diro tidak peduli, karena niatnya sangat tulus. Begitu pun sore harinya, ketika berpapasan di jalan, Diro kembali mengucapkan, “Assalaamu’alaikum Dik… ” Jawabannya tidak berbeda dengan pagi hari, wajah tidak suka.Mungkin pikir si gadis itu, Diro tidak ubahnya lelaki iseng yang senang menggoda. Sudah lazim diketahui, lelaki-lelaki iseng dan kurang kerjaan senang menggoda wanita. Dan bila yang digoda adalah wanita berjilbab, ucapan “Assalaamu’alaikum” biasa dijadikan andalan mulut-mulut lelaki ini.
Berbeda dengan Diro. Dia tidak sakit hati ketika salamnya tidak dibalas, atau bahkan dibalas dengan tatap mata sinis. Setiap hari, setiap kali bertemu dengan gadis itu tetap mengucapkan salam. Diro tidak bosan meski salamnya selalu mendapat jawaban yang serupa, dan sesekali makian, “maunya apa sih?”

MEMBANGUN MOTIVASI DALAM DIRI


Membangun Motivasi Dalam DiriCita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika anda memiliki motivasi yang kuat dalam diri anda. Tanpa motivasi apapun, sulit sekali anda menggapai apa yang anda cita-citakan. Tapi tak dapat dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri. Bahkan mungkin anda tidak tahu pasti bagaimana cara membangun motivasi di dalam diri sendiri. Padahal sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut.
Caranya? coba simak tips berikut ini:
1. Ciptakan sensasi
Ciptakan sesuatu yang dapat “membangunkan” dan membangkitkan gairah anda saat pagi menjelang. Misalnya, anda berpikir esok hari harus mendapatkan keuntungan 1 milyar rupiah. Walau kedengarannya mustahil, tapi sensasi ini kadang memacu semangat anda untuk berkarya lebih baik lagi melebihi apa yang sudah anda lakukan kemarin.
2. Kembangkan terus tujuan anda
Jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat anda tidak memiliki kekuatan lebih. Padahal untuk meraih sesuatu anda memerlukan tantangan yang lebih besar, untuk mengerahkan kekuatan anda yang sebenarnya. Tujuan hidup yang besar akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup anda.
3. Tetapkan saat kematian
Anda perlu memikirkan saat kematian meskipun gejala ke arah itu tidak dapat diprediksikan. Membayangkan saat-saat terakhir dalam hidup ini sesungguhnya merupakan saat-saat yang sangat sensasional. Anda dapat membayangkan ‘flash back’ dalam kehidupan anda. Sejak anda menjalani masa kanak-kanak, remaja, hingga tampil sebagai pribadi yang dewasa dan mandiri. Jika anda membayangkan ‘ajal’ anda sudah dekat, akan memotivasi anda untuk berbuat lebih banyak lagi selama hidup anda.
4. Tinggalkan teman yang tidak perlu
Jangan ragu untuk meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong anda mencapai tujuan. Sebab, siapapun teman anda, seharusnya mampu membawa anda pada perubahan yang lebih baik. Ketahuilah bergaul dengan orang-orang yang optimis akan membuat anda berpikir optimis pula. Bersama mereka hidup ini terasa lebih menyenangkan dan penuh motivasi.
5. Hampiri bayangan ketakutan
Saat anda dibayang-bayangi kecemasan dan ketakutan, jangan melarikan diri dari bayangan tersebut. Misalnya selama ini anda takut akan menghadapi masa depan yang buruk. Datang dan nikmati rasa takut anda dengan mencoba mengatasinya. Saat anda berhasil mengatasi rasa takut, saat itu anda telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa anda mampu mencapai hidup yang lebih baik.
6. Ucapkan “selamat datang” pada setiap masalah
Jalan untuk mencapai tujuan tidak selamanya semulus jalan tol. Suatu saat anda akan menghadapi jalan terjal, menanjak dan penuh bebatuan. Jangan memutar arah untuk mengambil jalan pintas. Hadapi terus jalan tersebut dan pikirkan cara terbaik untuk bisa melewatinya. Jika anda memandang masalah sebagai sesuatu yang mengerikan, anda akan semakin sulit termotivasi. Sebaliknya bila anda selalu siap menghadapi setiap masalah, anda seakan memiliki energi dan semangat berlebih untuk mencapai tujuan anda.
7. Mulailah dengan rasa senang
Jangan pernah merasa terbebani dengan tujuan hidup anda. Coba nikmati hidup dan jalan yang anda tempuh. Jika sejak awal anda sudah merasa ‘tidak suka’ rasanya motivasi hidup tidak akan pernah anda miliki.
8. Berlatih dengan keras
Tidak bisa tidak, anda harus berlatih terus bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat anda raih jika anda terus berusaha keras. Semakin giat berlatih semakin mudah pula mengatasi setiap kesulitan.
Kesimpulan:
Motivasi dapat menumbuhkan semangat dalam mencapai tujuan. Motivasi yang kuat di dalam diri, kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah ke depan, yaitu mencapai visi hidup kita.
Salam Sukses !

The Winner-Memenangkan Kehidupan


Pemenang Kehidupan
Suatu hari, dua orang sahabat menghampiri sebuah lapak untuk membeli buku dan majalah. Penjualnya ternyata melayani dengan buruk. Mukanya pun cemberut. Orang pertama jelas jengkel menerima layanan seperti itu. Yang mengherankan, orang kedua tetap enjoy, bahkan bersikap sopan kepada penjual itu. Lantas orang pertama itu bertanya kepada sahabatnya, “Hei. Kenapa kamu bersikap sopan kepada penjual yang menyebalkan itu?”
Sahabatnya menjawab, “Lho, kenapa aku harus mengizinkan dia menentukan caraku dalam bertindak? Kitalah sang penentu atas kehidupan kita, bukan orang lain.”
“Tapi dia melayani kita dengan buruk sekali,” bantah orang pertama. Ia masih merasa jengkel.
“Ya, itu masalah dia. Dia mau bad mood, tidak sopan, melayani dengan buruk, dan lainnya, toh itu enggak ada kaitannya dengan kita. Kalau kita sampai terpengaruh, berarti kita membiarkan dia mengatur dan mempengaruhi hidup kita. Padahal kitalah yang bertanggung jawab atas diri sendiri.”
Sahabat, Tindakan kita kerap dipengaruhi oleh tindakan orang lain kepada kita. Kalau mereka melakukan hal yang buruk, kita akan membalasnya dengan hal yang lebih buruk lagi. Kalau mereka tidak sopan, kita akan lebih tidak sopan lagi. Kalau orang lain pelit terhadap kita, kita yang semula pemurah tiba-tiba jadi sedemikian pelit kalau harus berurusan dengan orang itu.
Coba renungkan. Mengapa tindakan kita harus dipengaruhi oleh orang lain? Mengapa untuk berbuat baik saja, kita harus menunggu diperlakukan dengan baik oleh orang lain dulu? Jaga suasana hati. Jangan biarkan sikap buruk orang lain kepada kita menentukan cara kita bertindak! Pilih untuk tetap berbuat baik, sekalipun menerima hal yang tidak baik.
“Pemenang kehidupan” adalah orang yang tetap sejuk di tempat yang panas, yang tetap manis di tempat yang sangat pahit, yang tetap merasa kecil meskipun telah menjadi besar, serta tetap tenang di tengah badai yang paling hebat.

Manfaat Fantastis Hipnotis


Manfaat Fantastis Hipnotis
Romy Rafael harus belajar jauh ke AS untuk bisa menguasai ilmu ini.
Lutfi Dwi Puji Astuti, Shalli Syartiqa
Jum'at, 11 Oktober 2013, 13:52 WIB

SepherdNews – Di sebuah studio, sekelompok pria bersandar di atas kursi. Alam bawah sadar merasuki pikiran pria-pria itu. Selama lebih dari 10 menit, pria yang tak mengenal satu sama lain ini dibawa dalam pengalaman imajinatif: menjadi penumpang kereta.

Satu demi satu instruksi mereka ikuti. Bersikap layaknya wanita hingga menyembunyikan tiket di salah satu bagian tubuh. Semua, tentunya dilakukan di bawah pengaruh hipnotis.

Di seberang panggung, penonton terbahak-bahak. Takjub melihat aksi pria-pria itu.  “Tepuk tangan penonton membangunkan Anda. Perlahan-lahan buka mata Anda seperti semula,” ujar Romy Rafael, membawa kembali pria-pria tersebut dalam alam sadar mereka.

Ini hanya salah satu dari sekian aksi yang memperlihatkan kehebatan Romy Rafael dalam menghipnotis orang. JulukanMaster Hipnotis pun seakan melekat pada diri pria kelahiran 12 Juli 1977 itu.

Belajar di Amerika
Ketertarikan Romy terhadap ilmu hipnotis sudah muncul sejak duduk di bangku SMA. Saat itu hipnoterapi dan hipnosis masih belum dikenal luas seperti saat ini.

“Di Indonesia tahun 1994  itu hipnoterapi, hipnosis itu belum ada orang yang membawa. Dan akhirnya, saya analisa dari segi marketingnya,” kata pria yang sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga Surabaya ini, ditemui usai mengisi acara di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, Rabu, 9 Oktober 2013.

Hasrat Romy terhadap ilmu hipnotis membawanya menginjakkan kaki di Amerika Serikat (AS). Selama lebih dari empat tahun, pria yang dikenal dengan penutup kepala warna hitam ini mendalami hipnosis dan berbagai kegunaannya di Negeri Paman Sam.  AS dipilih Romy karena saat itu belum ada lembaga yang menyediakan sertifikasi hipnoterapi di Indonesia.

Demi mendapatkan pendidikan hipnosis tersebut, Romy pun rela berbohong kepada orangtuanya. Sampai-sampai pemilik nama lengkap Romy Tunggul Widodo ini, menggunakan uang kursus Bahasa Inggris untuk belajar hipnosis.

Hidup di negeri orang ternyata tak semudah yang diperkirakan. Guna mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari di AS, Romy harus bekerja serabutan. Pekerjaan sebagai pengasuh anak hingga tukang cuci piring pernah dia lakoni.

Usaha keras Romy tak sia-sia. Di AS, ia menimba ilmu di tiga tempat sekaligus; Hypnotism Training Institute, Ultimate Stage Hypnotism Institute, dan Institute for Neuro Research and Education.

Untuk menguji ilmu hipnosis, ia pernah menyuruh salah seorang temannya menyembunyikan cincin di salah satu tangan. Setelah mengamati bahasa tubuh sang teman, Romy pun tahu di mana cincin itu disimpan. Menurutnya, mengetahui karakter orang yang diberi sugesti sangat penting.

“Karena setiap karakter seseorang berbeda-beda. Dengan bahasa tubuh, intonasi suara, kata-kata, kita bisa tahu apa yang ada dalam pikiran orang lain. Itu juga menjadi salah satu dasar hipnosis,” ucapnya.

Tenar lewat dunia hiburan

Sepulang dari Amerika, Romy bekerja disalah satu hotel bintang lima. Dari situ, dia mulai mempraktikkan ilmunya dari meja ke meja. Dia juga pernah bermain di depan orang Yunani dan mendapatkan tip cukup besar.

Namun, bekerja di hotel mewah dirasa tidak cukup bagi Romy. Ia akhirnya berpindah jalur ke dunia hiburan. Romy sengaja memilih dunia ini untuk menghilangkan kesan negatif terhadap hipnosis lantaran banyak kasus penipuan dan kejahatan dengan ilmu ini.

Seiring berjalannya waktu, anak dari pegawai Bank Indonesia tersebut mulai mereguk ketenaran. Penampilannya dalam program hipnosis yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta selalu ditunggu masyarakat. Melalui program itu, Romy dikenal masyarakat luas sebagai sosok dengan kemampuan memasuki alam bawah sadar manusia.

Romy sekarang menguasai hipnosis untuk panggung dan hiburan, klinis (pengobatan masalah-masalah psikis), medis (kedokteran), bahkan hipnosis untuk bisnis dan perusahaan. Dia pun membuka Klinik Romy Rafael Hypnotheraphy di bilangan Jakarta Selatan.

Romy menyatakan bahwa kliniknya bisa menyembuhkan orang yang tengah dalam keadaan stres, depresi, phobia (ketakutan tidak beralasan), bahkan menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok atau mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Ia percaya diri membuka praktik terapi karena telah mengantongi sertifikat dari American Board of Hypnotherapy (A.B.H.), National Guild of Hypnotism (N.G.H.), IACT dan ITTO dan pengalaman lebih dari lima tahun dalam bidang hipnosis klinis dan medikal.

Selain membuka klinik, Romy juga menulis buku berjudul Hipnoterapi: Quit Smoking!(2006). Buku yang disertai CD tersebut memuat panduan untuk menghilangkan kecanduan akan rokok.

Ia juga menawarkan buku tentang cara menghipnotis diri agar terhindar dari stres  yang bisa diunduh secara gratis.  Lewat webnya, romyrafael.net, ia membagikan secara gratis buku berjudul How to Overcome Stress. 

“Buku ini untuk menetralisir akar dari semua. Tapi, di luar buku untuk mengatasi stres saya jual. Ada harganya, kenapa? Karena waktu saya buat kurikulum itu saya riset,” ujarnya.

Hypnogym
Romy tak ingin berhenti sampai di situ. Untuk mengembangkan ilmu hipnosisnya, ia menggandeng partner yang juga memiliki latar pendidikan sama. Ia pun mulai menciptakan hypnogym.

Sistem hypnogym hampir sama seperti di tempat pusat kebugaran lainnya. Bedanya, konsep hypnogym mengombinasikan metode revolusioner yang didasari gabungan harmonis antara pikiran, tubuh, dan nutrisi.

"Banyak yang badannya bagus, tetapi pikirannya tidak harmonis, gelisah, mudah cemas, gampang marah. Nah, tujuan hypnogym ini menciptakan keharmonisan, keselarasan tubuh dan pikiran," ucap Romy.

Tujuan utama Romy mengembangkan hypnogym bukan untuk memperkaya diri ataupun untuk mempertahankan eksistensinya. Ia sadar, hidup setiap manusia memiliki kadaluarsa.

Dengan kata lain, setiap manusia yang hidup di dunia akan mati. Untuk itu, ia menciptakan hypnogym agar ilmu hipnosis yang ia miliki bisa ia wariskan pada banyak orang.

“Ini adalah cara saya untuk melanjutkan bola ini,” ujarnya.

Program hypnogym ini, lanjutnya, diyakini bisa menghilangkan beban pikiran yang kemudian mengakibatkan stres. Keadaan seperti itulah menurutnya dialami sebagian masyarakat kota besar.

"Hypnogym mampu mengeliminasi mental blok, meningkatkan kepercayaan diri, memiliki sugesti positif agar budaya hidup sehat tertanam kuat dalam benak orang," ucapnya.

Sadar dengan kebutuhan tersebut, Romy bersama koleganya, Laode Arwanto dan Junaidi mendirikan Hypnogym ber-tagline "Mind and Body" dengan basis filosofi "living for legacy and wellness".

Hypnogym melibatkan instruktur yoga, dokter, dan terapis berpengalaman. "Dampaknya, mereka fokus terhadap pola latihan, tertanam kuat pola hidup sehat, dan meningkatkan potensi dan motivasi mereka," ujar Romy.

Romy berencana meluncurkan ide barunya ini di luar negeri, seperti Malaysia, Thailand Vietnam, India, China, Hong Kong, AS, Australia, dan Dubai. "Setelah tahun depan di luar Asia Tenggara. Asia Tenggara tahun ini,” katanya. (eh)

Baca Juga:

Internship Movie-Kisah Salesman Belajar di google



Dua salesman yang kariernya telah torpedo oleh era digital menemukan jalan mereka ke magang didambakan di Google, di mana mereka harus bersaing dengan sekelompok anak muda, jenius tech-savvy untuk menembak di lapangan kerja.

Direktur: 

Penulis: 

 (naskah),  (naskah), 1 lebih banyak kredit »

Bintang: 

 ,  ,  |

Fashion Blogger, dari Ngeblog Melipir ke Bisnis Fashion


Ilustrasi. (Foto: Runi Sari/Okezone)
BERMODAL ketertarikan tinggi pada dunia fashion yang dituangkan melalui blog, para fashion blogger ini tidak hanya berhenti sebagai blogger. Namun, mereka mampu merambah bisnis fashion. Bagaimana ceritanya?
Usia memang tidak pernah jadi penghalang bagi Evita Nuh, 14, untuk berkarya. Sejak berusia 9 tahun pun Chacha - sapaan akrabnya- sudah aktif ngeblog soal bidang yang membuatnya paling tertarik, yaitu fashion. Sejak itu, Chacha seolah menjadi salah satu fashion blogger termuda di Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Pada usia 12 tahun, majalah Marketeers memasukkan namanya dalam daftar 100 anak muda paling berpengaruh di Indonesia.

Sementara komunitas penulis fashion TongueChic.com juga menyebut Evita sebagai salah satublogger fashion paling bersinar (Fashion Brights Under 16). Blog Chacha http://jellyjellybeans. blogspot.com ditulis dalam bahasa Inggris.

"Blog pertama yang aku buka adalah blog soal fashion. Dari situ aku langsung ingin membuat fashion blog," tutur Chacha. Seorang fashion blogger tentu dituntut memiliki selera mode yang sangat baik (atau unik) dan selalu menjadi trendsetter.

Itulah Chacha, gadis yang gemar sekali melakukan eksperimen mix and match dengan berbagai pakaian maupun aksesori. Dalam kesehariannya, Chacha bisa sangat boyish dan sebaliknya,supergirlie. "Bergantung mood saja," ujar gadis yang mengidolakan sang nenek itu. Bagi Chacha,fashion adalah cerminan diri.

Fashion juga jadi suatu kebutuhan karena bukan sekadar pakaian, melainkan cara untuk mengekspresikan individualitas. "Fashion tak ubahnya kartu nama yang diberikan kepada seseorang untuk memberi tahu identitas diri. Hanya, lewat fashion kita tidak repot menyodorkan kartu," ujarnya.

Label Little Nuh lahir dengan kolaborasi antara Chacha dan kakak sepupunya yang lulus dari sekolah mode. Inspirasinya adalah kesulitan anak-anak seusia Chacha untuk bisa tampil fashionable. "Dulu aku buat Little Nuh karena selalu berpikir bahwa pakaian untuk anak seusiaku amat jarang. Kalau tidak terlalu kekanak-kanakan, pasti terlalu dewasa. Jadi, Little Nuh aku buat untuk mengisi ruang kosong tersebut," bebernya.

Lewat blognya pula Chacha bahkan mendapat email dari penulis film naskah dan cerita film 10 Things I Hate About You yang kebetulan membaca blog miliknya. ”Aku sangat suka film itu, bahkan sampai hafal dialognya," katanya.

Hal terbaik yang dia rasakan sebagai fashion blogger adalah mengenal banyak orang baru dan bertemu dengan orang-orang yang aku kagumi. "Hal yang paling menyenangkan, banyak orangtua yang menganggap aku sebagai role model untuk anak-anak mereka," tuturnya.

Menjadi seorang fashion blogger memang tidak memandang usia. Dari anak muda sampai orang dewasa pun bisa mengekspresikan gaya mereka melalui blog pribadi. Seperti Diana Rikasari yang begitu cinta pada fashion, menulis, dan fotografi. Sejak 2007, gadis kelahiran 23 Desember 1984 ini merasa blog adalah media yang tepat untuk memfasilitasi tulisan dan foto-fotonya. "Playful"dan "colorful"adalah style yang menggambarkan keseharian Diana.

Dia mengaku tidak memiliki patokan orang tertentu dalam hal fashion. Semua bergantung mood dan hasil eksperimennya. Hobi ngeblog dan kecintaannya terhadap fashion membuat Diana memutuskan untuk terjun ke industri fashion. Dia pun menggarap dua merek sepatu sekaligus, yaitu UP (www.iwearUP.com) yang fokus pada sepatu wedges dan heels serta POP FLATS (www.popflats.co) khusus untuk flat shoes. Diana juga menggunakan blognya untuk mempromosikan kedua lini sepatunya itu. "Yang penting itu konsisten dan jujur," ungkap Diana saat diwawancara melalui surat elektronik.

"Aku itu ngeblog dari hati, jadinya enggak beban dan enggak pernah bosan. Malah rasanya ada yang kurang kalau aku enggak ngeblog dalam sehari. Intinya sih apa yang kita tulis juga harus jujur, agak personal, supaya tulisan dan blog kita juga punya karakter yang khas," katanya.

Menurut Diana, seorang fashion blogger dapat memberikan pengaruh besar pada dunia fashion. Mengapa? Sebab, fashion blogger adalah real people yang lebih relatable sehingga lebih relevan ketimbang model yang ada di majalah-majalah. Fashion blogger, lanjut Diana, juga cukup membantu dalam hal mempromosikan fashion Indonesia. Banyak hal yang didapat Diana menjadi fashion blogger. Salah satunya, diundang ke Paris Fashion Week.Dia sama sekali tidak menyangka bisa mendapat kesempatan langka itu.

Di sana dia bertemu dengan idolanya, editor fashion majalah Vogue Inggris Anna Wintour serta Anna Dello Russo, editor-at-large majalah Vogue Jepang. Sebagai fashion blogger, Diana mendapatkan banyak apresiasi dari orang lain. Bahkan, "personal style"-nya juga lebih dihargai publik. Diana juga tidak lagi merasa dianggap remeh dan dianggap sekadar "aneh" atau cari perhatian karena personal style Diana yang memang terbilang "unik". "Mendapat apresiasi itu sangat berharga lho rasanya," tambah Diana.

Diana dan Chacha sudah memiliki clothing line sendiri, sementara Clara Devi adalah fashion bloggermuda yang juga sedang mengejar hal yang sama. Tahun depan, dia berencana merilis lini fashionyang menjadi ciri khasnya, klasik, preppy vintage, dan sedikit bercampur dengan grunge/mod culture.

"Passion saya adalah menulis dan fotografi vintage. Bedanya, saya lebih tertarik mengulas budaya masa lalu. Baik dari musik, desain, maupun fashion. Mungkin karena terbiasa menulis posting yang berisi foto personal saya di blog sehingga orang-orang mengasosiasikan saya dengan sebutanfashion blogger," ujar pemilik blog http://lucedale.co ini.

Kini, sudah lebih dari empat tahun Clara menekuni dunia blog. Dia bekerja sebagai junior creative planner di sebuah agensi Jepang dan sedang mengerjakan beberapa proyek yang berkaitan denganadvertising di Singapura dan Tokyo. Bagi Clara, blog adalah sebuah portofolio yang mendokumentasikan karya-karyanya dalam bentuk digital yang dapat meningkatkan nilai kredibilitasnya. Seorang fashion blogger pasti memiliki pandangan tersendiri terhadap semua perkembangan fashion yang sedang terjadi. Begitu pun dengan perkembangan fashion di Indonesia saat ini yang memang terlihat amat pesat.

Menurut Chacha, jumlah fashion blogger yang ada sekarang ini tak terhitung. Begitu juga jumlah labelindie yang sangat banyak seiring dengan maraknya desainer-desainer muda. "Itu merupakan indikasi bahwa fashion Indonesia sudah jauh berkembang," ujar Chacha.

Dulu, dia melanjutkan, label luar selalu dianggap keren. Namun, sekarang justru sebaliknya. Banyak anak muda yang bangga dan memilih karya desainer lokal muda yang biasanya masih orisinal dan jauh dari kesan komersial. Diana pun berpikir sama. Dia berpendapat bahwa fashion di Indonesia saat ini sudah semakin seru dan bagus. Banyak juga pemain baru yang mulai terjun dalam bidang ini.

"Pelan-pelan DNA fashion di Indonesia jadi lebih kuat. Semoga hal tersebut bisa diiringi oleh kualitas yang juga membaik," harapnya.

Meski demikian, Diana mengakui bahwa masih ada gap antara daerah Jawa dan kota-kota besar lainnya. Clara menambahkan, bisnis di dunia fashion sangat menarik. Entah dalam hal clothingataupun media. "Counter-culture selalu memberikan warna yang segar dan saya lebih cenderung melihat dengan adanya internet sekarang perkembangan bisnis fashion jadi sangat terbantu," ujarnya. (Oleh: Fauzia Nur Noviyanti, Deasy Amalia, Nike Ari Prayitno_Koran Sindo) (Koran SI/Koran SI/ade) 


Berita Terkait: Ekspresi